selamat datang!!!

Jumat, 18 Juni 2010

Siapa bilang CAPTCHA aman?


Anda tentu pernah mengalami ini (kalau blm pernah, cacingan deh lo..), ketika akan mendownload Anda diinstruksikan untuk menginputkan sederet angka atau huruf acak yang tersedia di halaman web tsb. Inilah yang dinamakan dengan CAPTCHA yaitu test yang digunakan untuk memastikan bahwa sebuah input atau respon berasal dari manusia, bukan dari program. Biasanya digunakan untuk registrasi email, forum atau situs-situs tertentu.

Bagi para pengelola situs atau blog yang memanfaatkan Captcha ini, jangan pikir ia aman 100%. Buktinya, Empat pria di AS terbukti bersalah berkonspirasi melakukan pembobolan sistem penjualan tiket konser, acara olahraga dan pemutaran film.

Keempat pria itu, Kenneth Lowson, Kristofer Kirsch, Faisal Nahdi, dan Joel Stevenson bersekongkol melakukan perampokan online untuk mendapatkan akses ilegal ke komputer yang mengurusi sistem penjualan tiket.

Konspirasi tersebut diketahui telah berlangsung dari tahun 2002 hingga Januari 2009. Setelah membobol sistem, keempat pria itu menjual kembali tiket yang mereka peroleh kepada broker dibawah nama perusahaan penjualan tiket Wiseguy Tickets.

Dilansir, Secure Computing, Selasa (2/3/2010), Wiseguy Tickets menyasar vendor tiket online skala besar seperti Ticketmaster, Tickets.com, MLB.com, MusicToday. Mereka berhasil menjual lebih dari 1,5 juta tiket di seluruh AS dan meraup keuntungan lebih dari USD25 juta.

"Ketika internet memberikan kemudahan dalam pangsa pasar penjualan tiket, para terdakwa ini memainkan sistem tersebut untuk operasional penipuan secara online. Mereka bisa menghasilkan keuntungan lebih dari USD25 juta melalui cara ini," kata pengacara asal AS Paul Fishman.

Dari hasil penyelidikan diketahui Lowson dan Kirsch merupakan pemilik Wiseguys Tickets yang menjalankan keseluruhan operasional perusahaan tersebut. Sementara Stevenson memprogram aspek CAPTCHA bots dan mengatur para pemrogram komputer lainnya. Nahdi yang ditunjuk sebagai CFO Wiseguys mengatur operasional dan keuangan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar