selamat datang!!!

Jumat, 18 Juni 2010

Facebook Dapatkan Paten Atas News Feed Streaming


Facebook minggu ini menerima paten atas teknologi yang mendukung streaming untuk umpan berita (news feed) jaringan sosial, menimbulkan banyak pertanyaan tentang bagaimana perusahaan ini akan memegang kekuasaan baru tersebut.

Memiliki paten berarti Facebook berpotensi melakukan pertempuran dengan situs jaringan sosial lainnya yang menggunakan teknologi feed berita. Analis mengatakan Facebook bisa menggunakan paten sebagai leverage dengan situs saingan, memaksa pesaing, misalnya, untuk membayar lisensi teknologi atau berhenti menggunakannya.

Untuk saat ini, pesaing Facebook harus menunggu dan melihat.

"Dengan asumsi pelaksanaan yang baik, ini bisa menjadi tambang emas," kata Rob Enderle, analis utama di Enderle Group. "Facebook memiliki potensi untuk mendapatkan jenis kekuasaan yang dinikmati Microsoft dan Google. Mereka menapaki jalan panjang dan berbahaya untuk sampai ke sana, tetapi dengan ini, mereka semakin mendekati potensi itu."

Sebuah feed berita adalah suatu format yang digunakan untuk menyediakan konten real-time update bagi pengguna. Pengguna Facebook, misalnya, menerima pembaruan feed penuh dengan pesan, foto dan video yang diposting oleh teman-teman mereka. Feed di situs Microblogging Twitter terus memperbarui daftar tweet dari pengguna yang mem-follow-nya.

News feeds adalah roti dan mentega dari sebagian besar, jika tidak semua, situs jaringan sosial. Memungkinkan orang untuk tetap up-to-date dengan teman-teman, kolega dan keluarga; News feed mewakili tulang punggung jaringan sosial.

Paten Facebook telah diajukan sejak lama. Diterapkan perusahaan itu pada tahun 2006, bahkan sebelum Twitter muncul.

Ezra Gottheil, seorang analis pada Technology Business Research, mengatakan bahwa, dengan paten ini di tangan, Facebook mungkin dapat mengejar saingan secara hukum yang menggunakan teknologi feed berita ini. Perusahaan bisa mendorong para pesaingnya untuk menghentikan penggunaan teknologi tersebut atau membeli lisensi dari Facebook untuk terus menggunakannya.

Hal ini akan tergantung pada gambaran spesifik dari teknologi yang dijelaskan dalam paten dan seberapa dekat teknologi yang digunakan situs lain itu mneyerupainya.

"Peluncuran News Feed pada tahun 2006 adalah sebuah momen penting dalam sejarah Facebook dan mengubah cara jutaan orang mengkonsumsi dan menemukan informasi di situs," kata Brandee Barker, seorang juru bicara Facebook melalui e-mail kepada Computerworld. "Kami rendah hati oleh pertumbuhan dan adopsi News Feed dari waktu ke waktu dan senang dengan pemberian hak paten ini."

Barker menolak berkomentar mengenai apa yang akan dilakukan Facebook setelah memiliki hak paten ini.

Karsten Weide, seorang analis di IDC, mengatakan paten dapat mempengaruhi banyak perusahaan, termasuk Twitter, Yahoo dan Google dengan Buzz. Semuanya bergantung pada streaming feed.

"Setannya adalah dalam rincian," kata Weide. "Semuanya tergantung pada apa yang tercakup dalam paten, apakah Facebook tertarik dalam penarikan biaya lisensi, bagaimana pelaksanaannya, dan berapa banyak perlawanan yang akan terjadi. Kemungkinan besar, Facebook akan menggunakannya sebagai tawar-menawar dalam berbagai negosiasi kemitraan. "

Dia menambahkan bahwa memaksa perusahaan untuk menghentikan penggunaan fungsi atau mencoba untuk mewajibkan mereka membayar biaya lisensi mungkin lebih dari yang Facebook inginkan.

Enderle mengatakan hal ini bisa menjadi game-changer untuk Facebook. Sekarang ini hanya masalah menunggu untuk melihat apa yang dilakukan perusahaan tersebut dengan paten barunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar