selamat datang!!!

Jumat, 18 Juni 2010

[How To] Membuat Virtual HD untuk XP Mode bahkan Vista Mode di Win 7


Sebagaimana posting sebelumnya, untuk mengatasi masalah kompatiblitas aplikasi pada Windows 7 adalah dengan mendownload dan menginstall Image VHD XP Mode siap pakai dari website Microsoft (walaupun dari beberapa laporan masih terdapat aplikasi tertentu yang belum berjalan sempurna di Mode ini). Namun Anda mungkin ingin menggunakan Image VHD XP buatan Anda sendiri, bukannya buatan Microsoft. Berita baiknya adalah hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan, dan berita terbaiknya adalah hal tersebut sangat mudah. Begono caranya:

Kunci agar dapat berjalan di XP Mode adalah dengan meng-enable-kan setting baru yang dinamakan Auto Publish di versi terbaru Virtual PC. Berikut ini screenshoot setting Virtual PC dari mesin virtual XP yang telah bekerja, dinamakan VPC1, dimana Anda dapat melihat bahwa Auto Publish "Not Available".



Untuk menjadikannya Available,

1. Install/Upgrade Integration Features VHD.
Jalankan dari dropdown menu Tools di toolbar atas.

2. Enable-kan setelah update Integration Features terinstall.
Jalankan dari dropdown menu Tools yang sama. Anda mungkin diminta untuk memasukkan username dan password untuk auto-login.



3. Install XP Service Pack 3 jika belum terinstall.
4. Install Update untuk Windows® XP SP3 untuk meng-enable-kan RemoteApp™
Download updates DISINI lalu install ke image XP VHD.



Selesai, dan Anda akan melihat bahwa semua aplikasi yang terinstal di XP secara otomatis terpublis di sistem host Windows 7 dan siap dijalankan dalam XP Mode. Perlu diingat bahwa screenshoot berikut ini berasal dari image VHD VPC1 XP Mode siap pakai, jadi sekarang Anda memiliki 2 set aplikasi XP Mode, satu dari image asli dari Microsoft, dan satu lagi dari Image yang Anda buat di versi Virtual PC sebelumnya.



Bonus lain dari proses ini, ia tidak hanya memberikan XP Mode tetapi juga Vista Mode dengan baik. Untuk membuat Image VHD Vista milik Anda sendiri sebagai Vista Mode, ikuti langkah yang sama di atas namun gunakan update berikut ini dalam langkah ke 4.

Update untuk Windows® Vista SP1 atau di atasnya untuk meng-enable-kan RemoteApp™

Good luck!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar