selamat datang!!!

Kamis, 01 Juli 2010

Belajar Jaringan Komputer Seri Kedua


Pengenalan Jenis Jaringan

Salah satu cara untuk mengkategorikan jenis-jenis desain jaringan komputer adalah dengan ruang lingkup atau skala wilayah mereka. Untuk alasan historis, industri jaringan mengacu pada hampir setiap jenis desain sebagai semacam jaringan area. Contoh umum jaringan area tipe:

  • LAN – Local Area Network
  • WLAN – Wireless Local Area Network
  • WAN – Wide Area Network
  • MAN – Metropolitan Area Network
  • SAN – Storage Area Network, System Area Network, Server Area Network, or sometimes Small Area Network
  • CAN – Campus Area Network, Controller Area Network, or sometimes Cluster Area Network
  • PAN – Personal Area Network
  • DAN – Desk Area Network

LAN – Local Area Network

Sebuah LAN menghubungkan perangkat jaringan melalui jarak yang relatif pendek. Sebuah jaringan gedung perkantoran, sekolah, atau rumah biasanya mengandung satu LAN, meskipun kadang-kadang satu bangunan akan berisi beberapa LAN kecil mungkin satu per kamar, dan kadang-kadang sebuah LAN akan sekelompok dengan bangunan di dekatnya. Dalam TCP / IP networking, LAN sering kali tetapi tidak selalu dilaksanakan sebagai single IP subnet. Selain beroperasi di ruang terbatas, LAN juga biasanya dimiliki, dikuasai, dan dikelola oleh satu orang atau organisasi. Mereka cenderung menggunakan teknologi konektivitas tertentu, terutama Ethernet dan Token Ring.

WAN – Wide Area Network

WAN mempunyai jarak fisik yang besar. Internet adalah WAN terbesar, yang terentang di seluruh Bumi.
Sebuah WAN adalah koneksi tersebar secara geografis karena didalamnya terdapat koleksi banyak LAN. Sebuah perangkat jaringan disebut routerconnects LAN ke WAN. Sebuah WAN berbeda dari LAN dalam beberapa hal penting. Kebanyakan WAN seperti Internet yang tidak dimiliki oleh salah satu organisasi melainkan berada dibawah kepemilikan kolektif atau didistribusikan. WAN cenderung menggunakan teknologi seperti ATM, Frame Relay dan X.25 untuk konektivitas melalui jarak yang lebih jauh.

LAN, WAN dan Home Networking
Sebuah daerah atau Residen biasanya mempekerjakan satu LAN dan terhubung ke Internet WAN melalui Internet Service Provider (ISP) dengan menggunakan modem broadband. ISP menyediakan alamat IP WAN modem, dan semua komputer di jaringan rumah menggunakan LAN dan menggunakan yang disebut alamat IP. Semua komputer di rumah LAN dapat berkomunikasi secara langsung satu sama lain tetapi harus melalui gateway pusat, biasanya sebuah router broadband, untuk mencapai ISP.

Jenis lain Area Networks
Sementara LAN dan WAN adalah yang paling populer disebutkan jenis jaringan, Anda mungkin juga sering melihat referensi:

  • WLAN Wireless Local Area Network – LAN berbasis pada teknologi jaringan nirkabel WiFi
  • MAN Metropolitan Area Network – sebuah jaringan yang mencakup wilayah fisik lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN, seperti sebuah kota. Sebuah MAN biasanya dimiliki dan dioperasikan oleh entitas tunggal seperti badan pemerintah atau perusahaan besar.
  • Campus Area Network – sebuah jaringan yang membentang beberapa LAN tapi lebih kecil daripada MAN, seperti pada universitas atau kampus bisnis lokal.
  • Storage Area Network – menghubungkan server ke perangkat penyimpanan data melalui teknologi seperti Fibre Channel.
  • Sistem Area Network – pranala kinerja tinggi komputer dengan koneksi berkecepatan tinggi dalam sebuah konfigurasi cluster. Juga dikenal sebagai Cluster Area Network.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar